Perbedaan SEO dan SEM By Holidincom

SEO dan SEM, dua istilah yang sekilas kelihatan mirip, namun sebenarnya masing-masing mempunyai arti yang sangat berbeda. 

SEO; Search Engine Optimization atau optimalisasi mesin pencari, memiliki cara kerja yang berbeda dengan SEM; Search Engine Marketing atau pemasaran melalui mesin pencari. 

Secara singkat, SEO artinya melakukan perubahan pada website agar ditemukan oleh mesin pencari dan muncul di urutan paling atas pada hasil pencarian.

Sedangkan SEM, berarti mengiklankan sebuah website agar situs web tersebut bisa muncul di hasil pencarian. 

Jadi intinya, SEO adalah menyiapkan website/blog supaya bisa muncul di halaman pertama urutan paling atas di hasil pencarian online.  

Kenapa SEO perlu dilakukan? Karena survei membuktikan bahwa 95% orang hanya membuka daftar website yang ada di halaman pertama hasil pencarian. 

Oleh karena itu, semakin dekat posisi web atau blog pemirsa dengan halaman pertama, maka itu akan semakin baik. 

Untuk memulai SEO, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memahami cara kerja mesin pencari itu sendiri. 

Sebagai contoh, misalkan pemirsa akan mengoptimalisasi mesin pencari Google supaya beliau dapat menemukan situs yang pemirsa kelola, maka pemirsa harus memahami terlebih dahulu bagaimana mesin pencari Google tersebut bekerja? 

Jika dipahami secara saksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, cara kerja mesin pencari Google itu seperti ini: 

Google memulai pencarian dengan menelusuri seluruh jaringan/web yang ada. Memeriksa semua tautan dan mengumpulkan sebanyak mungkin data. 

Google kemudian membuat pengelompokan/index dari semua jaringan tersebut, lalu mengaturnya berdasarkan isi dan beberapa fitur lain. 

Saat seseorang melakukan pencarian, Google akan mengurutkan hasilnya. Menggunakan perhitungan/algoritma untuk menentukan apa yang dicari, lalu menampilkan isi halaman website yang paling sesuai berdasarkan index yang ada. 

Itu artinya, website atau Blog harus dibuat semenarik mungkin, baik untuk mesin pencari atau untuk orang yang melakukan pencarian. 

Dan menurut saya, akan lebih membantu lagi apabila pemirsa dapat memahami cara kerja keduanya; cara kerja mesin pencari dan cara kerja manusia. 

#Cara Membuat Blog Optimal

Harap diperhatikan, bahwasanya ada 3 bagian utama yang biasa ditampilkan oleh mesin pencari di hasil penelusuran. 

A. Judul 

B. Deskripsi 

C. Alamat 

Seperti yang sudah kita ketahui, kalau mesin pencari akan melihat ketiga bagian tersebut dalam bentuk kode. 

Sementara, Netizen akan melihat bagian atau informasi tersebut pada halaman hasil pencarian yang sudah diurutkan dan diberi warna serta dapat di-klik pada bagian judul dan alamat websitenya. 

Oleh karena itu, dikarenakan mesin pencari dan manusia yang melakukan pencarian bekerja dengan cara berbeda, maka website atau Blog harus disiapkan untuk keduanya; untuk mesin dan untuk manusia. 

Jadi, agar supaya situs web atau Blog mudah ditemukan oleh mesin pencari, pastikan semua bagian website/Blog pemirsa mudah dilihat dan terstruktur dengan baik. 

Sebagai penutup, apabila pemirsa jualan online atau membuka online shop maupun online store, pastikan nama Blog/websitenya unik, tepat, serta menggambarkan bisnis online pemirsa. 

Untuk menambah keakuratan situs di hasil penelusuran, gunakan juga sebuah kalimat deskripsi yang singkat, padat, dan jelas. 

Usahakan jangan menggunakan nama web/Blog yang unik dan kreatif tapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan bisnis yang pemirsa kelola. 

Untuk bahan renungan dan pertimbangan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan pada sebuah web ataupun Blog. 

1. Membuat isi website yang tepat akan menarik perhatian orang yang sedang melakukan pencarian. 

2. Informasi yang menarik, berguna dan terpercaya akan mempengaruhi hasil pencarian. 

3. Orang suka berbagi informasi yang menarik melalui media sosial, email, dan lain-lain. 

Promosi dari mulut ke mulut bisa membuat orang berulang kali mengunjungi sebuah situs. 

4. Walau tidak semua orang jago menulis, tapi ada beberapa tips yang akan membantu membuat isi yang lebih baik. Yang pertama, pastikan teksnya jelas, mudah dibaca dan dimengerti. 

5. Tambahkan informasi baru secara teratur. Ini akan membuat orang mengunjungi website berulang kali dan tentu saja berpotensi menambah pengunjung baru.