Cara Jualan Online Tingkat Dasar
Sebagaimana kata pepatah yang sering kali kita dengar di seantero jagat raya, kalau "Amal tanpa ilmu itu buta!" Layaknya seorang buta yang berjalan tanpa penuntun.
Oleh karena itu, tulisan cara jualan online ini didedikasikan buat para pemirsa yang sekarang sedang jualan dan buka toko di Shopee, menjual barang atau baju di Lazada,
memulai bisnis online shop tanpa modal, membuka usaha sampingan dagang makanan yang laku, laris dan menguntungkan setiap hari di rumah, di kampung, maupun di Facebook.
Dengan alasan hujan sebentar lagi akan turun bersama kenangan, jadi kita langsung saja ke topik pembahasan!
Kalau menurut hemat saya, ada 2 hal yang harus direnungkan sebelum mulai berjualan online.
1. Tentukan terlebih dahulu nilai apa yang ditawarkan oleh produk pemirsa?
2. Tentukan juga alasan kenapa orang harus membeli produk pemirsa?
Jadi jangan hanya fokus pada produk dan fiturnya saja, tapi juga harus tahu bagaimana pelanggan mendapatkan solusi dari masalahnya.
Selain itu, pertimbangkan juga apa yang ditawarkan dan membuat produk dagangan pemirsa berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor lain.
Nilai yang ditawarkan, kelebihan produk/jasa, dan apa yang membedakannya dari yang lain, harus bisa tersampaikan dengan jelas di setiap promosi.
Kemudian, desain lalu luncurkan website supaya Netizen Nusantara bisa mengetahui nilai-nilai bisnis dan apa yang pemirsa tawarkan.
Setelah itu, siapkan website untuk pelanggan pertama pemirsa dengan membuat halaman utama yang jelas, ringkas, dan mudah dijelajahi.
Bagi para calon customer, website adalah kesan pertama dari bisnis pemirsa. Maka dari itu, pikirkan apa yang dicari mereka, pertanyaan mereka, dan kira-kira pesan ajakan apa yang sesuai untuk mereka.
Harap digaris bawahi, dikarenakan saat ini sebagian umat manusia ketika menjelajah internet dan berbelanja online menggunakan smartphone,
jadi jangan lupa, pastikan tampilan website pemirsa tidak membingungkan dan enak dipandang mata saat dilihat pada tampilan smartphone.
Apabila sudah meluncurkan website, kalau bisa, mulailah beriklan dengan iklan pencarian dan iklan berbayar, atau beriklan di media sosial.
Jika pada suatu hari yang tidak cerah pemirsa menemukan tempat beriklan gratis, gak ada salahnya untuk memanfaatkan media beriklan tersebut dengan perasaan riang dan gembira.
Namun apabila beriklan atau memasang iklan tidak memungkinkan, jalan satu-satunya ya kenalkan produk atau jasa yang pemirsa jual melalui akun pribadi di berbagai media sosial.
Saran saya, usahakan untuk selalu memperhatikan saluran media sosial mana yang paling disukai oleh target calon kastemer,
dan pastikan merek/nama produk atau jasa pemirsa ada serta aktif di media sosial tersebut.
#Cara Membuat Banner Iklan
Cek juga media sosial mana yang digunakan kompetitor dagangan pemirsa, dan media sosial mana yang tidak digunakan.
Pelajari kesuksesan dan kekurangan media sosial saingan produk yang pemirsa jual, lalu manfaatkan kedua hal tersebut untuk kepentingan pemirsa.
Terlepas dari itu semua, ada strategi lain yang bisa pemirsa manfaatkan untuk memperkenalkan selain lewat media sosial.
Caranya, daftarkan produk yang pemirsa jual di beberapa website yang membandingkan sesama produk.
Karena tidak menutup kemungkinan, kalau website tersebut akan banyak dikunjungi oleh para customer dari berbagai belahan dunia untuk mendapatkan penawaran terbaik.
Namun apabila barang dagangan pemirsa ingin tampil di website atau majalah terkenal, kirimkan saja contoh produk gratis kepada mereka untuk dicoba,
jadi nanti mereka akan dengan senang hati menuliskan ulasan dari produk yang pemirsa jual.
Sebagai penutup tulisan ini, pemirsa juga bisa ikut berpartisipasi di forum-forum online yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang pemirsa jual.
Contoh:
Sebab, bisa dipastikan kalau anggota dari forum tersebut sebagian besar orang-orangnya memakai dan pencinta kerudung.
Dengan begitu, produk pemirsa akan cepat mudah dikenali oleh orang-orang yang memiliki minat pada produk pemirsa. Artinya, pemirsa promosi kepada orang-orang yang tepat.
Pelajari kesuksesan dan kekurangan media sosial saingan produk yang pemirsa jual, lalu manfaatkan kedua hal tersebut untuk kepentingan pemirsa.
Terlepas dari itu semua, ada strategi lain yang bisa pemirsa manfaatkan untuk memperkenalkan selain lewat media sosial.
Caranya, daftarkan produk yang pemirsa jual di beberapa website yang membandingkan sesama produk.
Karena tidak menutup kemungkinan, kalau website tersebut akan banyak dikunjungi oleh para customer dari berbagai belahan dunia untuk mendapatkan penawaran terbaik.
Namun apabila barang dagangan pemirsa ingin tampil di website atau majalah terkenal, kirimkan saja contoh produk gratis kepada mereka untuk dicoba,
jadi nanti mereka akan dengan senang hati menuliskan ulasan dari produk yang pemirsa jual.
Sebagai penutup tulisan ini, pemirsa juga bisa ikut berpartisipasi di forum-forum online yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang pemirsa jual.
Contoh:
Misalnya pemirsa berjualan kerudung. Dengan ikut berpartisipasi di forum hijaber Indonesia, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak orang yang berminat dengan kerudung yang pemirsa jual.
Sebab, bisa dipastikan kalau anggota dari forum tersebut sebagian besar orang-orangnya memakai dan pencinta kerudung.
Dengan begitu, produk pemirsa akan cepat mudah dikenali oleh orang-orang yang memiliki minat pada produk pemirsa. Artinya, pemirsa promosi kepada orang-orang yang tepat.